Selasa, 09 Oktober 2012

MS ACCESS. DATABASE


MICROSOFT ACCSESS

Konsep Basis Data

Basis Data (Data Base)  dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip. Jika kita memiliki sebuah almari arsip dan berwenang untuk mengelolanya, maka kemungkinan besar kita akan melakukan hal-hal sebagai berikut:
Ø  memberi sampul/map pada kumpulan/bundel arsip yang akan disimpan
Ø  menentukan kelompok/jenis arsip
Ø  memberi penomoran dengan pola tertentu yang nilainya unik pada setiap sampul/map
Ø  menerapkan arsip-arsip tersebut dengan cara/urutan tertentu dalam almari dll

Upaya penyusunan/penempatan ini baru kita lakukan jika kita rasakan bahwa buku tersebut sudah cukup banyak.

Definisi:
Basis data terdiri dari 2 kata, yaitu basis dan data. Basis adalah markas/gudang, tempat bersarang  atau  berkumpul,  sedangkan  data  adalah  representasi  fakta  dunia  nyata  yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi dan kombinasinya.

Basis data dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang:
1.  Himpunan  kelompok  data  (arsip)  yang   saling  berhubungan  yang  diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
2.  Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
3.  Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.

Prinsip kerja dari basis data dan lemari arsip adalah sama, terutama adalah untuk pengaturan data/arsip. Selain itu, tujuan utamanya juga sama, yaitu untuk kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data/arsip.  Perbedaannya hanya  terletak pada media penyimpanan yang digunakan. Jika lemari arsip menggunakan lemari besi atau kayu, maka basis data menggunakan media penyimpanan elektronis seperti disk (disket atau harddisk).
Satu hal yang harus diperhatikan bahwa basis data bukan hanya sekedar media penyimpanan data secara elektronis (dengan bantuan komputer), artinya tidak semua bentuk

penyimpanan data elektronis dapat disebut basis data. Kita dapat menyimpan dokumen berisi data dalam file teks (dengan program pengolah kata), file spredsheet dll, tetapi tidak dapat disebut sebagai basis data. Karena didalamnya tidak ada pemilahan dan pengelompokan data sesuai jenis/fungsi data, sehingga akan menyulitkan pencarian data kelak. Yang sangat ditonjolkan dalam basis data adalah pengaturan/pemilahan/pengelompokan/pengorganisasian data yang akan kita simpan sesuai fungsi atau jenisnya. Pemilahan/pengelompokan/pengorganisasian ini dapat berbentuk sejumlah file/tabel terpisah atau dalam bentuk pendefinisian kolom-kolom/field-field data setiap file/tabel.

Operasi Dasar Basis Data

Dalam sebuah disk, basis data dapat diciptakan dan dapat pula ditiadakan. Di dalam sebuah disk, kita dapat pula menempatkan beberapa (lebih dari satu) basis data. Sementara dalam sebuah basis data kita dapat menempatkan satu atau lebih file/tabel. Pada file/tabel inilah sesungguhnya data disimpan/ditempatkan.
Sebuah basis data umumnya dibuat untuk mewakili sebuah semesta data yang spesifik. Misalnya basis data kepegawaian, basis data akademik, basis data inventori (pergudangan) dan sebagainya. Dalam basis data akademik, misalnya kita dapat menempatkan file mata pelajaran, file guru, file jadwal, file nilai dan seterusnya.
Oleh karena itu operasi-operasi dasar yang dapat kita lakukan berkenaan dengan basis data dapat meliputi:
Ø  Pembuatan basis data baru (create database) yang identik dengan pembuatan lemari rasip yang baru.
Ø  Penghapusan basis data (drop database) yang identik dengan perusakan lemari rasip.
Ø  Pembuatan  file/tabel  baru  ke  suatu  basis  data  (create  table),  identik  dengan penambahan map arsip baru.
Ø  Penghapusan file/tabel dari suatu basis data (drop tabel).
Ø  Penambahan/pengisian data baru ke sebuah file/table di sebuah basis data.
Ø  Pengambilan data dari sebuah file/tabel.
Ø  Pengubahan data dari sebuah file/tabel.
Ø  Penghapusan data dari sebuah file/tabel.

Operasi-operasi yang berkaitan dengan pembuatan objek (basis data dan tabel) merupakan operasi awal yang hanya dilakukan sekali dan berlaku seterusnya, sedangkan operasi-operasi yang berkaitan dengan pengisian tabel merupakan operasi-operasi rutin yang dilakukan berulang-ulang dan karena itu operasi-operasi inilah yang lebih tepat mewakili aktivitas pengelolaan (managment) dan pengolahan (processing) data dalam basis data.

Tujuan Basis Data

Telah disebutkan bahwa tujuan utama dalam  pengelolaaan basis data dalam sebuah basis data adalah agar kita dapat menemukan kembali data yang kita cari dengan mudah dan cepat. Secara lebih lengkap pemanfaatan basis data dilakukan untuk memenuhi sejumlah tujuan (objektif) seperti:

1.     Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
Pemanfaatan basis data memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah, daripada kita menyimpan data secara manual (non elektronis).


2.     Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
Karena keterkaitan erat antara kelompok dalam basis data, maka redundansi (pengulangan) data pasti selalu ada. Dengan basis data, efisiensi/optimalisai penggunaan ruang penyimpanan dapat dilakukan karena kita dapat melakukan penekanan jumlah redundansi  data,  baik  menerapkan  sejumlah  pengkodean  atau  membuat  relasi-relasi (dalam bentuk file) antar kelompok data yang saling berhubungan.

3.     Keakuratan (Accuracy)
Pemanfaatan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan  aturan/batasan  (constraint)  tipe  data,  domain  data,  keunikan  data  dan sebagainya yang secara ketat dapat diterapkan dalam sebuah basis data, sangat berguna untuk menekan ketidak akuratan/penyimpanan data.

4.     Ketersediaan (Availability)
Pertumbuhan data    sejalan waktu akan semakin membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Padahal tidak semua data selalu kita gunakan/butuhkan. Karena itu kita dapat melakukan pemilahan data, sehingga data yang sudah jarang kita gunakan dapat   kita   pindahkan   kedalam   media   penyimpanan   off-line.   Disisi   lain,   karena kepentingan pemakaian data, sebuah basis data dapat memiliki data yang tersebar di banyak lokasi geografis. Misalnya, data nasabah sebuah bank dipisah-pisah dan disimpan di lokasi yang sesuai dengan keberadaan nasabah. Dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer, data yang berada di suatu lokasi/cabang, dapat juga diakses (menjadi tersedia/avaible) bagi lokasi yang lain.

5.     Kelengkapan (Completeness)
Untuk  mengakomodasi  kebutuhan  kelengkapan  data  yang  semakin berkembang, maka kita tidak hanya dapat menambah record-record data, tetapi juga dapat melakukan  perubahan  struktur  dalam  basis  data,  baik  dalam  penambahan  objek  baru (tabel) atau dengan penambahan field-filed baru pada suatu tabel.

6.     Keamanan (Security)
Ada sejumlah sistem (aplikasi) pengelola basis data yang tidak menerapkan aspek keamanan dalam sebuah basis data. Tetapi untuk suatu sistem yang besar dan serius, aspek keamanan juga dapat diterapkan secara ketat. Dengan begitu, kita dapat menentukan
siapa-siapa  (pemakai)  yang  boleh  menggunakan  basis  data  beserta  objek-objek  di
dalamnya dan menentukan jenis-jenis operasi apa saja yang boleh dilakukan.

7.     Kebersamaan Pemakaian (Sharebility)
Pemakai basis data seringkali tidak terbatas pada satu pemakai saja atau di satu lokasi saja oleh satu sistem aplikasi. Data pegawai dalam basis data kepegawaian , misalnya dapat digunakan oleh banyak pemakai, dari sejumlah departemen dalam perusahaan atau oleh banyak sistem (sistem penggajian, sistem akuntansi, sistem inventori dan sebagainya). Basis data yang dikelola oleh sistem (aplikasi) yang mendukung lingkungan multiuser akan dapat memenuhi kebutuhan ini, tetapi tetap dengan menjaga/menghindari munculnya persoalan baru seperti inkonsistensi data (karena data yang sama dapat diubah oleh banyak pemakai pada saat yang bers0amaan) atau kondisi deadlock (karena banyak pemakai saling menunggu untuk menggunakan data)

Penerapan Basis Data
Hampir disemua aspek pemanfaatan perangakat komputer dalam sebuah organisasi/perusahaan  senantiasa  berhubungan  dengan  basis  data.  Perangkat  komputer tersebut biasanya digunakan untuk menjalankan fungsi Pengelolaan Sistem Informasi, yang dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan, demi untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, kekuratan, kecepatan operasional organisasi perusahaan. Dan basis data merupakan salah satu komponen  utama  dalam  setiap    sistem informasi.  Tidak  ada  sistem  informasi  yang  bisa dibuat/dijalankan tanpa adanya basis data.
Secara lebih teknis bidang-bidang umum yan telah memanfaatkan basis data demi efisiensi, akurasi dan kecepatan operasi antara lain:
Ø  Kepegawaian, untuk berbagai perusahaan yang memiliki banyak pegawai.
Ø  Pergudangan (inventory), untuk perusahaan manufaktur (pabrikan), grosir (reseller), apotek dll.
Ø  Akuntansi untuk berbagai perusahaan.
Ø  Reservasi, untuk hotel, pesawat, kereta apai dll
Ø  Layanan pelanggan (customer care), untuk perusahaan yang berhubungan  dengan bnayaknya pelanggan (bank, konsultan dll)

Sedang bentuk organisasi/perusahaan yang memanfaatkan   basis data (sebagai komponen sistem informasi) dapat berupa:
Ø  Perbankan, dalam melakukan pengelolaan data nasabah/data  tabungan/pinjaman, pembuatan    laporan-laporan    akuntansi-akuntansi,    pelayanan    informasi    pada nasabah/calon nasabah.
Ø  Asuransi,  dalam  melakukan  pengelolaan  data  nasabah/data  pembayaran  premi, pemrosesan pengajuan klaim asuransi dll.
Ø  Rumah  Sakit,  dalam  melakukan  pengelolaan  histori  penyakit/pengobatan  pasen, menangani pembayaran perawatan.
Ø  Produsen  Barang,  dalam  melakukan  pengelolaan  data  keluar-masuk,   barang
Ø  (inventory).
Ø  Industri manufaktur, dalam membantu pengelolaan pesanan barang, mengelola data karyawan.
Ø  Pendidikan/sekolah, dalam membantu pengelola0an data siswa, penjadwalan.
Ø  Telekomunikasi,   dalam   melakukan   pengelolaan   data   administrasi   kabel/data pelanggan, menangani gangguan dll.

Tugas:
Buatlah suatu tabel yang terdiri dari beberapa field, kemudian tentukan jenis tipe datanya
(number, text, date) dan keterangan ! Isilah minimal 20 data/record.



Database dengan Microsoft Access

Database dalam Microsoft Office Access merupakan kumpulan informasi yang saling berhubungan dan terdiri atas beberapa komponen, yaitu: Table, Query, Form, Report, Macro dan Module.

Komponen Database:

1.  Tables          :merupakan kumpulan data sebagai komponen utama dalam database.
2.  Queries    :berfungsi menyaring data dari berbagai criteria dan urutan yang dikehendaki.
3.  Forms      :berfungsi memasukkan data, menampilkan data  serta  mengedit  data  dari suatu table dengan tampilan fomulir yang telah kita rancang sendiri.
4.  Reports    :berfungsi mencetak data dalam bentuk laporan.
5.  Pages      :berfungsi menciptakan halaman web berupa data access pages.
6.  Macros          :berfungsi mengotomastiskan perintah-perintah yang kita kehendaki dalam mengolah data.
7.  Modules    :berfungsi  untuk  merancang  bermacam-macam  modul  aplikasi  dalam      mengolah database tingkat lanjut sesuai yang kita kehendaki.

Tipe Data pada Ms.Access

Text
Pada tipe data ini jenis data yang disimpan adalah karakter. Panjang maksimal type field adalah 255 karakter yang merupakan type default.

Memo
Pada tipe data ini, jenis data yang disimpan adalah karakter. Panjang maksimal type field adalah 65.535 karakter.

Number
Merupakan tipe data yang digunakan untuk menampung type data angka.

Date/time
Jenis data yang disimpan adalah data tanggal dan waktu dengan besar memory 8 byte.

Currency
Merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan angka dalam format mata uang. Besarnya memori penyimpanan adalah 4 byte.

Auto Number
Tipe data ini digunakan untuk memberikan penomoran secara otomatis (penambahan angka otomatis)

Yes/No
Tipe data ini berisikan data Yes atau No, Benar atau Salah, Ya atau Tidak.
OLE Object
Tipe data ini dapat memuat gambar, grafis, video dan suara dengan ukuran maksimal 1 GB (batas atas Harddisk)

Hyperlink
Tipe data yang berisikan alamat hyperlink URL dengan panjang maksimal 64.000 karakter.

Lookup Wizard
Tipe  data  yang  digunakan  untuk  menampilkan  data  dari  tabel  lain.  Besar  memori penyimpanan umumnya 4 byte.

TABLES DAN FORMS TUGAS:

1.   Buatlah tabel yang telah Anda buat pada pertemuan sebelumnya ! Aturlah field sesuai dengan propertiesnya !
2.   Buatlah  tabel  dengan  nama  tabel  Karyawan_Nama_Anda_Kelas_Anda  dengan struktur sebagai berikut:


Field Name
Data Type
Description
Field Size
NIP
TEXT
Nomor Induk Pegawai
4
NAMA_KARYAWAN
TEXT
Nama Lengkap Karyawan
20
TGL_LAHIR
DATE/TIME
Tanggal Lahir Karyawan
Medium Date
JK
TEXT
Jenis Kelamin Karyawan
1
TPK
TEXT
Tingkat Pendidikan Karyawan
3
GOL
NUMBER
Golongan,  sesuai  pendidikan dan masa kerja
Single
JABATAN
TEXT
Jenis Jabatan Karyawan
11
ALAMAT
TEXT
Alamat Lengkap Karyawan
20
KOTA
TEXT
Kota tempat tinggal aryawan
10
KP
TEXT
Kode Pos
5
TLP
TEXT
Telepon
7
FOTO
OLE Object
Foto diri
-
KET
MEMO
Keterangan yang diperlukan
-

v  Setelah  Anda  membuat  field-field  tersebut  beserta  propertiesnya,  maka  langkah  Anda selanjutnya adalah membuat FORMS.
v  -Modifikasilah form yang Anda buat tersebut, sedemikian rupa sehingga menjadi menarik.
v  Setelah Forms yang Anda buat selesai, kemudian masukkan data berikut ini, melalui FORM

(Ingat jangan langsung memasukkan data melalui tabel !!!!).



DATA KARYAWAN
NIP
NAMA_KAR YAWAN
TGL_ LAHIR
JK
TPK
JABATAN
GOL
ALAMAT
KOTA
KP
TLP
FOTO
KET
2001
GINA
02-Mar-76
P
D1
SEKRETARIS
1
Jl Tampomas 23
Cirebon
45142
205981


2002
TEGUH
25-Jan-75
L
SMA
SALESMAN
2
Jl Kelud 48
Kuningan
32524
324015


2003
MILA
08-Mar-56
P
S3
DIREKTUR
4
Jl Ariodinoto 10
Cirebon
45111
207847


2004
NANA
11-Nop-65
P
S2
MANAGER
2
Jl Pengampon 10
Sukabumi
52132
542015


2005
IKHSAN
31-Agust-72
L
SMA
TPAM
1
Jl Pekalipan 62
Garut
26678
230339


2006
ARIF
21-Nop-70
L
D3
SEKRETARIS
3
Jl Titimplik 32
Bandung
40135
357984


2007
ABDUL
27-Feb-65
L
S1
MANAGER
3
Jl Klitiran 27
Bandung
40133
365214


2008
NURUL
17-Jan-76
P
D1
RESEPSIONIS
1
Jl Dr Cipto 59
Jakarta
16114
654354


2009
NIA
25-Jun-75
P
SMA
SALESMAN
1
Jl Siliwangi 125
Kuningan
16752
642517


2010
YUNI
12-Feb-73
P
D1
SEKRETARIS
2
Jl Nanas 90
Jakarta
34567
326984


2011
MIA
04-Apr-71
P
D3
ACCOUNTING
3
Jl Flamboyan 30
Jakarta
54123
482421


2012
TONY
10-Jul-72
L
D1
RESEPSIONIS
2
Jl Pegambiran 9
Cirebon
15678
503274


2013
RUDI
05-Mei-77
L
S1
MANAGER
3
Jl Anyer 25
Bandung
32964
325412


2014
SANTO
27-Jan-74
L
D3
ACCOUNTING
2
Jl Samadikun 78
Cirebon
42187
203262


2015
JASON
08-Feb-75
L
D1
EDP
3
Jl Kesambi 12
Jakarta
12648
365489


2016
WIWIN
16-Jan-77
P
D1
KASIR
2
Jl Merdeka 25
Cirebon
12378
231456


2017
DIAN
23-Sep-71
P
SMA
SATPAM
1
Jl Pekalipan 57
Cirebon
96452
589756


2018
ANANTA
22-Des-69
L
D1
EDP
1
Jl Kusnan 55
Cirebon
56481
451236


2019
BUDI
12-Mar-70
L
D1
KASIR
1
Jl Kelud 48
Kuningan
54682
200451


2020
CAHYO
11-Sep-65
L
S2
MANAGER
4
Jl Pagongan 78
Sukabumi
56387
784123








TABEL, FORM DAN PENGOLAHANNYA

Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari secara sekilas pembuatan tabel dan form, serta desainnnya. Pembahasan secara lebih mendetail tentang tabel akan kita bahas pada pertemuan ini. Dalam pertemuan ini kita juga masih akan berlatih membuat dan mendesain form, dengan harapan menambah ketrampilan Anda untuk mengolah form.

TABEL

Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men- sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.

LATIHAN 1:
Buatlah tabel-tabel dibawah ini:
1. Simpan tabel dengan nama: TabelBarang_NamaAnda_KelasAnda

NO
FIELD NAME
DATA TYPE
DESCRIPTION
1.
*Kode_Barang
Text (4)
Kode
2.
Nama_Barang
Text (30)
Nama Barang
3.
Satuan
Text (10)
Satuan Jumlah Barang
4.
Harga
Number
Harga Barang

* Primary Key

2. Simpan tabel dengan nama: TblKaryawan_NamaAnda_KelasAnda

NO
FIELD NAME
DATA TYPE
DESCRIPTION
1.
*NIK
Text (5)
Nomor Induk Karyawan
2.
Nama_Karyawan
Text (30)
Nama Karyawan
3.
Bagian
Text (10)
Bagian Kerja Karyawan

3. Tabel Penjualan1, simpan dengan nama TblPenjualan1_NamaAnda_KelasAnda
NO
FIELD NAME
DATA TYPE
DESCRIPTION
1.
*No_Fak
Text (4)
Nomor Faktur
2.
Tgl_Fak
Date
Tanggal Faktur
3.
NIK
Text (10)
Nomor Induk Karyawan





4. Tabel Penjualan2, simpan dengan nama TblPenjualan2_NamaAnda_KelasAnda
NO
FIELD NAME
DATA TYPE
DESCRIPTION
1.
No_Fak
Text (5)
Nomor Faktur
2.
Kode_Barang
Text (4)
Kode Barang
3.
Nama_Barang
Text (30)
Nama Barang
4.
Satuan
Text (10)
Satuan Jumlah Barang
5.
Harga
Number
Harga Barang
6.
Jumlah
Number
Jumlah Barang

Kemudian Isikan data-datanya:
Isi Tabel Pertama:


Isi Tabel Kedua:

Isi tabel ketiga:

Isi Tabel Keempat:


Menghubungkan Beberapa Tabel
Jika diperhatikan antara tabel pertama dengan tabel keempat memiliki   jenis field yang sama. Akibatnya, kita dapat menghubungkan antara kedua tabel itu. Demikian untuk tabel kedua dan ketiga.

Langkah-langkah menghubungkan kedua tabel itu:
1.  Klik menu Tools, klik Relationship ...., atau klik icon Relationship yang ada pada toolbar.
2.  Muncul Kotak Dialog Show Table.
3.  Klik tab Tables, klik tabel pertama dan keempat (dua tabel)
4.  Hubungkan antara tabel pertama dan keempat   dengan cara mendrag field yang berjenis sama.
5.  Untuk melihat hasilnya klik tabel pertama.
Dengan cara yang sama, coba lakukan untuk tabel kedua dan ketiga di atas.
FORM

Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.


LATIHAN 2:
Buatlah forms dari tabel pertama diatas:
Contoh tampilan tabel pertama:

Buatlah forms untuk ketiga tabel lainnya !


QUERY DAN REPORT

Komponen-komponen database yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya adalah  table  dan  form.  Pada  pertemuan  kali  ini  kita  akan  berlatih  membuat komponen database yang selanjutnya, yaitu query dan report.


A. QUERY

Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan karyawan yang beralamat di kota Yogyakarta, menampilkan karyawan yang berjenis kelamin perempuan, atau menampilkan karyawan yang tingkat pendidikannya S1, menampilkan data siswa dengan NIS sesuai keinginan, menampilkan siswa yang nilai TIK-nya tidak tuntas dll. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Query. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan syarat antar tabel itu ada field yang berhubungan. Contohnya, kita ingin melihat NIS 20324 nama siswanya siapa? Nama orang tuanya siapa ? dll. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.
Ada dua cara untuk membuat Query, yaitu dengan:
1.  Create query by using wizard
2.  Create query in design view

Jika ingin membuat dengan cara yang kedua maka kita ikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Access. Tetapi jika kita ingin membuat query dengan format kita, maka kita gunakan cara 1. Beberapa fungsi yang ada, diantaranya sama seperti dalam Microsoft Excel, misalnya Sum, Avg, Min, Max, Count, Stdev dll. Fungsi logika seperti AND, OR, NOT, <, >, <=, >= dapat juga kita gunakan dalam baris criteria.
Sebelum berlatih langkah-langkah membuat query, ada baiknya kita kenali dulu istilah-istilah berikut ini:
Field             : nama field yang ingin ditampilkan
Table            : nama tabel dari field tersebut
Sort              : mengurutkan data hasil query
Show            : mengatur field ditampilkan atau tidak
Criteria        : syarat dari data yang ingin ditampilkan.


LATIHAN 1:

a.  Buatlah tabel baru dengan struktur sebagai berikut:

Field Name
Data Type
Description
Field Size
*NIP
Text
Nomor Induk Pegawai
4
NAMA_KARYAWAN
Text
Nama Lengkap Karyawan
20
TGL_LAHIR
Date/Time
Tanggal Lahir Karyawan
Medium Date
JK
Text
Jenis Kelamin Karyawan
1
TPK
Text
Tingkat Pendidikan Karyawan
3
JABATAN
Text
Jenis Jabatan Karyawan
11
GOL
Number
Golongan, sesuai pendidikan dan masa kerja
Single
ALAMAT
Text
Alamat Lengkap Karyawan
20
KOTA
Text
Kota tempat tinggal aryawan
10
KP
Text
Kode Pos
5
TLP
Text
Telepon
7
FOTO                
OLE Object
Foto diri                          
-
KET
Memo
Keterangan yang diperlukan
-

(*) Primary Key

Simpan tabel dengan nama tbldaftarkaryawanNamaAndaKelasAnda.
Tulislah data karyawan selengkapnya (lihat Tabel Data Karyawan).

b.  Buatlah tabel baru dengan struktur sebagai berikut:

Field Name
Data Type
Field Size
*GOL
Number
Single
GAJI_PERBULAN
Number
Long Integer
UANGMAKAN
Number
Long Integer
LEMBUR_PERJAM
Number
Long Integer

Simpan tabel dengan nama tblupahkaryawanNamaAndaKelasAnda.
Masukkan data-datanya (lihat Tabel Daftar Upah Karyawan).

c.  Buatlah tabel baru dengan struktur sebagai berikut:

Field Name
Data Type
Field Size
*NO
Text
1
NIP
Text
4
GOL
Number
Single
BULAN
Text
10
HARI_KERJA
Number
Long Integer
JAM_LEMBUR
Number
Long Integer

Simpan tabel Anda, dengan nama: tbldatakerjaNamaAndaKelasAnda.

d.  Buatlah relasi dari ketiga tabel di atas.
Langkah-langkah:
1.  Klik Tool-Relationship.
2.  Klik dua kali/add dari ketiga tabel yang ada.
3.  Hubungkan tabel 1 ke tabel 2 dengan cara men-drag field GOL-Create.
4.  Hubungkan tabel 2 ke tabel 3 dengan men-drag field NIK-Create.
5.  Buka kembali tabel 1 atau tabel 2 atau tabel 3.
6.  Cek, klik tanda ( + ) untuk menampilkan hubungan antar tabel.
e.  Buatlah query dengan Create query by using wizard, ikuti langkah-langkah selanjutnya.
f.  Buatlah  query  dengan  Create  query  in  Design  View,  ikuti  langkah-langkah selanjutnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Ø  Tambahkan field-field, dengan rumus:
TOTAL_UANGLEMBUR:[LEMBUR_PERJAM]*[JAM_LEMBUR]
TOTAL_UANGMAKAN:[UANGMAKAN]*[HARI_KERJA]
TOTAL_PENERIMAAN:[GAJI_PERBULAN]+[TOTAL_UANGLEMBUR]+[TOTAL_UANGMAKAN]
Ø  Beri tanda cek pada baris show.
Ø  Pada tabel tbldatakerjaNamaAndaKelasAnda, dengan field bulan isikan Criteria dengan Maret 2012
Ø  Klik Run untuk melihat hasilnya.

JANGAN LUPA SIMPAN DATA ANDA .... !!!!!!!

B. REPORT

Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data  dalam  bentuk  laporan.  Dengan  report,  kita  menjadi  lebih  leluasa  dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.
Cara yang mudah untuk membuat report adalah dengan Create report by using wizard.


LATIHAN2:

-      Buatlah query dari ketiga tabel di atas untuk menampilkan:

GOL, GAJI_PERBULAN, UANGMAKAN, LEMBUR_PERJAM, NAMA_KARYAWAN, JABATAN, BULAN, HARI_KERJA, JAM_LEMBUR, TOTAL_UANGLEMBUR, TOTAL_UANGMAKAN, TOTAL_PENERIMAAN, NIP.
SIMPAN QUERY ANDA DENGAN NAMA GAJI.

-    Buatlah report dari query GAJI tersebut.   

SELAMAT MENCOBA ......



TABLE DATA KARYAWAN


NIP
NAMA_ KARYAWAN
TGL_ LAHIR
JK
TPK
JABATAN
GOL
ALAMAT
KOTA
KP
TLP
FOTO
KET
2001
GINA
02 Maret 1976
P
D1
SEKRETARIS
1
Jl Tampomas 23
Cirebon
45142
205981


2002
TEGUH
25 Januari 1975
L
SMA
SALESMAN
2
Jl Kelud 48
Kuningan
32524
324015


2003
ERDANA
08 Maret 1956
L
S3
DIREKTUR
4
Jl Ariodinoto 10
Cirebon
45111
207847


2004
NANA
11 Nopember 1965
P
S2
MANAGER
2
Jl Pengampon 10
Sukabumi
52132
542015


2005
IKHSAN
31 Agustus 1972
L
SMA
SATPAM
1
Jl Pekalipan 62
Garut
26678
230339


2006
AIRIN
21 Nopember 1970
P
D3
SEKRETARIS
3
Jl Titimplik 32
Bandung
40135
357984


2007
FERRY
27 Februari 1965
L
S1
MANAGER
3
Jl Klitiran 27
Bandung
40133
365214


2008
ANANTA
17 Januari 1976
P
D1
RESEPSIONIS
1
Jl Dr Cipto 59
Jakarta
16114
654354


2009
ADE
25 Juni 1975
L
SMA
SALESMAN
1
Jl Siliwangi 125
Kuningan
16752
642517


2010
WIWIN
12 Februari 1973
P
D1
SEKRETARIS
2
Jl Nanas 90
Jakarta
34567
326984













TABEL DAFTAR UPAH KARYAWAN

GOL
GAJI_PERBULAN
UANGMAKAN
LEMBUR_PERJAM
1
300000
5000
5000
2
600000
6000
7500
3
900000
7000
10000
4
6000000
9000
12500


TABEL DATA KERJA KARYAWAN


NO
NIP
GOL
BULAN
HARI_KERJA
JAM_LEMBUR
1
2001
1
Mar-2000
26
3
2
2002
2
Mar-2000
27
0
3
2003
4
Mar-2000
23
4
4
2004
2
Mar-2000
25
4
5
2005
1
Mar-2000
21
7
6
2006
3
Mar-2000
28
0
7
2007
3
Mar-2000
19
11
8
2008
1
Mar-2000
28
1
9
2009
1
Mar-2000
22
5
10
2010
2
Mar-2000
27
1

DAFTAR BUKU ACUAN:

v  Alexander M, Hengky. 2005. Bank Soal Access. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
v  Erhans. 2005. Microsoft Access 2003. Jakarta: PT. Ercorata Rajawali




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

catatan kuliah cyberpreneurship

CYBERPRENEURSHIP CYBERNETICS  membahas tentang adanya jalinan komunikasi antara semua hal yang ada di cakrawala (jagat raya), baik benda ...